PAYA LIPAH - Rektor Institut Agama Islam (IAI) Almuslim Aceh melepas mahasiswa peserta Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Tematik yang berlangsung Senin, 13 Februari 2023 di lapangan Kampus Paya Lipah.

PAYA LIPAH – Rektor Institut Agama Islam (IAI) Almuslim Aceh melepas mahasiswa peserta Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Tematik yang berlangsung Senin, 13 Februari 2023 di lapangan Kampus Paya Lipah.

Wakil Rektor III Bidang Kemahsiswaan, Alumni dan Kerja Sama Anwar Ebtadi MA mengatakan, mahasiswa mulai masuk ke desa-desa, setelah seminggu diberikan pembekalan oleh lintas sektor kemitraan kampus tersebut, kolaborasi dalam KPM ini melibatkan DPMG Aceh, SKALA Aceh, Diskominsa Aceh, DPMGKB Bireuen, DUTA Digital, DPMGKB Bener Meriah, pihak kecamatan dalam setiap Kabupaten Kota yang disebarkan mahasiswa KPM.

Eptadi menyebutkan, landasan kerja di lapangan sesuai dengan penyelarasan program nasional dengan kewenangan provinsi dan gampong atau desa, seperti bank data kependudukan melalui aplikasi Sistem Informasi Gampong (SIGAP), pengurangan angka stunting melalui program RUMAH GIZI, smart village, dan peningkatan penengakan syariat Islam di Aceh.

“Memasuki bulan Maret nantikan, kita akan bersama-sama tim kolaborasi melakukan monitoring, untuk memastikan capaian pengabdian di gampong-gampong, sekaligus kita akan evaluasi, agar nantinya kehadiran mahasiswa KPM dapat dirasakan manfaat oleh masyarakat setempat,” ujar Ebtadi.

Sementara itu, Rektor dalam arahannya saat prosesi pelepasan mahasiswa mengaharapkan, agar selalu menjaga nama baik diri sendiri, keluarga, kampus, dan melakukan yang terbaik buat masyarakat.

“Jangan sombong, jangan angkuh agar nilai pengabdian mendapatkan rahmat dari Allah Swt,” ujarnya.

Ia mengaku, sampai hari ini, sudah ada yang mulai melakukan pengabdian, seperti di Desa Fajar Harapan Kabupaten Bener Meriah bergabung mempersiapkan lomba asmaul husna, dan beberapa desa lainnya.

PAYA LIPAH - Rektor Institut Agama Islam (IAI) Almuslim Aceh melepas mahasiswa peserta Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Tematik yang berlangsung Senin, 13 Februari 2023 di lapangan Kampus Paya Lipah.