Galeri Investasi Digital

galeri investasi digital bursa efek indonesia iai almuslim aceh

Latar Belakang

Penyebarluasan informasi dan sosialisasi tentang pasar modal di Indonesia dinilai sangat berperan penting dalam memasyarakatkan fungsi dan peran pasar modal bagi perekonomian Indonesia. Program-program yang dilakukan secara terpadu dan terarah akan mengembangkan dan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya melakukan investasi sejak dini. Pengetahuan itu tak terkecuali juga di Institut Agama Islam (IAI) Almuslim Aceh

Sebagai pusat informasi di bidang pasar modal yang telah ada sejak tahun 2015 silam, diharapkan dapat memberikan informasinya pada pengguna baik di lingkungan civitas akademika maupun bagi masyarakat umum.

Pendirian Galeri Investasi Digital Bursa Efek Indonesia (GID BEI) dimaksudkan untuk mengenalkan pasar modal sejak dini pada dunia akademis.

Kehadiran GID BEI ini menggandeng kerja sama dengan para pihak yang telibat, yakni BEI, IAI Almuslim Aceh dan FAC Sekuritas (2015-2023), RHB Sekuritas (2023-sekarang) sehingga diharapkan civitas akademika tidak hanya mengenal pasar modal dari sisi teori saja akan tetapi dapat langsung melakukan prakteknya.

Sasaran GID BEI sebagai langkah untuk menjangkau kelompok yang berpendidikan agar dapat lebih memahami dan mengenal pasar modal. Peran GIB BEI sebagai one stop student activities pasar modal di dunia akademisi merupakan salah satu sarana pembelajaran yang dapat menjadi sebuah kekuatan untuk mencerdaskan bangsa. Kedepannya melalui laboratorium pasar modal yang menyediakan real time data untuk belajar menganalisa aktivitas perdagangan saham, diharapkan dapat menjadi jembatan menuju penguasaan ilmu pengetahuan beserta prakteknya di pasar modal, sehingga IAI Almuslim Aceh dapat menghasilkan, masyarakat akademisi yang memahami teori beserta prakteknya. Dengan adanya kerjasama ini diharapkan dapat saling memberikan manfaat bagi semua pihak sehingga penyebaran informasi pasar modal tepat sasaran serta dapat memberikan manfaat yang optimal bagi mahasiswa, praktisi ekonomi, investor, pengamat pasar modal 1 Bursa Efek Indonesia maupun masyarakat umum di daerah dan sekitarnya baik untuk kepentingan sosialisasi dan pendidikan/edukasi pasar modal maupun untuk kepentingan ekonomis atau alternatif investasi.